Rabu, 07 Mei 2014

Curah Hujan Kwandang

Pola Curah Hujan Kwandang - Gorontalo Utara

         Pola curah hujan disetiap wilayah Indonesia sangat bervariasi dikarenakan berbagai faktor seperti letak geografis, topografi dan lain sebagainya.
       Untuk wilayah Kwandang berpola musim monsunal yaitu memiliki perbedaan yang jelas antara musim kemarau dan musim penghujan seperti yang terlihat pada grafik dibawah. Dimana awal musim kemarau dimulai pada bulan Juni dekade II dan awal musim hujan dimulai pada bulan Oktober dekade II.
Grafik Normal Curah Hujan
    Pada pola kecenderungan (trend) panjang musim hujan (1999-2012) menunjukkan trend penurunan, artinya kecenderungan panjang musim hujan di daerah Kwandang semakin pendek.
Trend musim hujan
         Sedangkan pola kecenderungan (trend) panjang musim kemarau (1999-2012) menunjukkan trend kenaikan, artinya kecenderungan panjang musim kemarau di daerah Kwandang semakin panjang.
Trend musim kemarau
          Dari gambar trend jumlah curah hujan selama periode musim hujan cenderung naik (turun), hal ini mengindikasikan bahwa curah hujan di wilayah tersebut mengalami peningkatan curah hujan walaupun dengan jumlah yang tidak signifikan. 
Total curah hujan musim hujan
      Sedangkan selama periode musim kemarau trend jumlah curah hujan cenderung naik, hal ini mengindikasikan bahwa curah hujan di wilayah kwandang cenderung mengalami peningkatan jumlah curah hujan selama periode musim kemarau dalam tahun 1999-2012.
Total curah hujan musim kemarau
Semoga tulisan ini bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar